Perbedaan monitor LCD dan LED

Era monitor CRT yang sudah berpuluh tahun menjadi monitor yang digunakan untuk mendesain sudah berakhir. Kini era monitor tabung yang berat, besar, dan boros listrik sudah digantikan oleh monitor LCD dan LED yang tipis dan ringan. Diantara kalian mungkin masih bingung perbedaan antara monitor LCD dan LED secara keduanya memiliki penampilan yang nyaris mirip. Berikut adalah deskripsi dan perbedaan LCD dan LED.




Monitor LCD
Pada dasarnya LCD bekerja dengan memproduksi gambar hitam dan berwarna dengan melakukan seleksi cahaya yang dipancarkan oleh serangkaian lampu teknologi CCFLs (Cold Cathode Fluorescent Lamps) di belakang layar. Jutaan lampu tersebut akan dinyalakan dan dimatikan melalui LCD shutter dengan melewatkan cahaya putih dengan  intensitas tertentu. Setiap shutter akan digabungkan dengan filter warna yang akan melewatkan warna Red, Green, dan Blue (RGB). Shutter dan Filter yang masing-masing merupakan sub-pixel ini berukuran sangat kecil, dan secara kasat mata membentuk gabungan yang disebut dengan pixel.

Keunggulan LCD

  1. Menghasilkan warna yang lebih realistis
  2. Teknologi anti glare (tanpa bayangan)
  3. Tersedia mulai ukuran kecil hingga besar
  4. Tidak ada radiasi yang dipancarkan
  5. Dapat digunakan sebagai monitor komputer
  6. Kebutuhan sumber daya listrik yang rendah

Kelemahan LCD
Kualitas gambar akan menurun apabila dilihat pada sudut pandang yang lebar



Monitor LED
Beberapa tahun terakhir, pasar televisi digital diramaikan dengan hadirnya sebuah teknologi televisi layar datar yang oleh beberapa vendor elekronik terkemuka disebut dengan monitor LED. Vendor yang paling agresif dalam menggelontorkan monitor dengan teknologi baru ini antara lain: Samsung Electronics, LG Electronics, Toshiba, dan berbagai vendor terkemuka lainnya.
Pada dasarnya sebenarnya LED merupakan pengembangan dari  LCD dimana jenis ini menggunakan LED Backlight sebagai pengganti cahaya fluorescent yang digunakan pada jenis LCD sebelumnya. Ada dua macam bentuk LED yang beredar di pasaran: RGB LED dengan LED yang diletakkan di belakang panel layar, atau EDGE-LED dimana LED diletakkan di sekeliling layar [5].

Kelebihan LED

  1. Tingkat contrast yang jauh lebih tinggi dibandingkan LCD.
  2. Memungkinkan produsen untuk memproduksi televisi layar datar dengan ukuran super tipis, dengan ketebalan sekitar 2.5 cm
  3. Lebih ramah lingkungan
  4. Konsumsi listrik yang lebih rendah sekitar 20-30% dibandingkan LCD konvensional
  5. Berbagai produk LED  dari vendor terkenal menawarkan fitur pemrosesan gambar digital, fitur Digital TV Tuner, dan berbagai fitur terbaru lainnya.

Kelemahan LED
Harga yang sedikit lebih mahal, untuk ukuran dan fitur yang sama, harga LED yang termurah sekitar 20% lebih mahal dibanding LCD konvensional

Kesimpulan
Secara umum monitor LED menawarkan kualitas gambar yang lebih baik apabila dibandingkan dengan monitor LCD, khususnya untuk contrast gambar serta kesempurnaan warna hitam, meskipun bagi sebagian besar orang perbedaan itu tidak terlalu nampak. Hal ini disebabkan karena kualitas monitor LCD yang sudah cukup memadai. Apabila dibandingkan dengan plasma, kualitas yang ditawarkan juga setingkat atau bahkan lebih, mengingat monitor LED terbaru menawarkan berbagai fitur tambahan untuk mengolah gambar.
Perbedaan harga yang cukup mencolok dengan monitor LCD , tidak menyurutkan sebagian orang untuk membeli  monitor LED, mengingat penampilan monitor LED yang lebih tipis dan dengan desain terbaru. Bagi sebagian orang lain yang menempatkan harga di atas berbagai kriteria pembelian monitor, nampaknya  monitor LCD masih menjadi pilihan utama. 
Akhirnya, semuanya terpulang kembali kepada calon pembeli. Apabila anggaran yang tersedia mencukupi, pemilihan monitor LED nampaknya cukup tepat, mengingat  monitor LED sudah dipersiapkan untuk teknologi TV digital yang benar-benar akan menggantikan TV analog pada tahun 2018. Namun apabila anggaran terbatas, monitor LCD merupakan pilihan yang paling pas, mengingat fitur yang disediakan sudah cukup memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar