Warna sejak lama diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap
psikologi, emosi serta cara bertindak manusia. Warna juga menjadi bentuk
komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan lebih
bermakna yang sering digunakan para marketer atau komunikasi visual yang handal
untuk tujuan branding, sales/penjualan serta marketing perusahaan. Misalnya
warna merah berarti gagah atau putih yang dikaitkan dengan kesucian pada
pembuatan logo perusahaan.
Bahkan, ada ilmu komunikasi visual yang menggunakan warna
untuk terapi warna atau yang disebut colourology (menggunakan warna untuk
meyembuhkan). Metode ini sudah dipraktekkan oleh banyak kebudayaan kuno seperti
Mesir dan Cina. Mata kita bisa menangkap tujuh juta warna yang berbeda. Tetapi
ada beberapa warna utama yang bisa memiliki dampak pada kesehatan dan mood yang
pada akhirnya akan mendorong konsumen untuk lebih loyal terhadap produk
perusahaan.
Setiap warna memancarkan panjang gelombang energi yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna pada materi promosi, branding, marketing, corporate identity serta logo perusahaan dapat membawa harmoni, stabilitas, keseimbangan dan peningkatan penjualan yang mengagumkan.
Setiap warna memancarkan panjang gelombang energi yang berbeda dan memiliki efek yang berbeda pula. Dengan menggunakan berbagai nuansa warna pada materi promosi, branding, marketing, corporate identity serta logo perusahaan dapat membawa harmoni, stabilitas, keseimbangan dan peningkatan penjualan yang mengagumkan.
Kali ini akan dibahas tentang psikologi warna di dalam
desain logo tapi tidak berarti efeknya akan berbeda dengan print atau media
yang lain, efek dasarnya akan tetap sama.
ARTI WARNA MERAH
Merah adalah warna yang paling sering menarik perhatian.
Warna memilki karateristik merangsang saraf, kelenjar adrenal (endokrin) dan
saraf sensorik. Merah juga meningkatkan sirkulasi darah dan kereaktivan darah
itu sendiri. Warna merah juga paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan
energi fisik, memperkuat motivasi, meningkatkan sirkulasi, dan berkaitan dengan
seksualitas. Merah juga membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan
kegembiraan atau intensitas. Tetapi pada saat yang sama, warna ini dapat
dianggap sebagai tuntutan dan sikap agresif. Merah adalah warna yang kuat
sekaligus hangat. Biasanya di gunakan untuk memberikan efek psikologi panas ,
berani ,marah dan berteriak. Beberapa studi juga mengindentifikasi merah sebagai
warna yang sexy. Didalam desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai
aksen karena sifatnya yang kuat. Misalnya, pada logo hitam putih di berikan
aksen warna merah sedikit saja sudah bisa membuat logo tersebut menjadi
terlihat berbeda.
ARTI WARNA KUNING
Kuning adalah warna cerah yang dapat menarik banyak
perhatian. Warna ini bisa dipakai sedikit untuk pemberitahuan, seperti cahaya
kedua lampu rem yang berada dikendaraan. Warna kuning menstimulasi berbagai
fungsi tubuh, seperti aliran empedu dan cara kerja hati. Ia memiliki sifat
pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung dan membantu pembuangan
usus. Kuning juga berhubungan dengan intelektual dan proses mental. Warna cerah
ini juga merangsang otak serta membuat Anda lebih waspada dan tegas. Kuning
adalah warna yang ceria, menyenangkan dan penuh energi. Tidak heran warna
kuning identik dengan mainan anak-anak. Kuning juga biasanya di gunakan untuk
mendapatkan perhatian dari orang yang melihat desain logo. Karena begitu
kuatnya warna kuning ini, seringkali di gunakan untuk mendapatkan perhatian
orang. Ingat rambu lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi
warna kuning atau merah karena sifatnya menarik perhatian.
ARTI WARNA ORANGE
Orange ialah kombinasi warna merah dan kuning. Merupakan
warna hangat dan ramah yang membuat orang merasa nyaman. Orange berhubungan
dengan cakra sakral dan diyakini bermanfaat untuk ginjal, saluran kemih dan
organ repoduksi. Dia juga meningkatkan metabolisme, memperkuat paru-paru, limpa
dan pankreas. Oranye adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga efek
yang di hasilkan masih tetap sama, yaitu kuat dan hangat. Warna ini (selain
merah dan biru) sering di gunakan pada tombol website yang penting, seperti buy
now , register now dan lainnya yang sejenis, istilahnya adalah call to action
button. Dari sisi psikologis sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak
nyaman, dan sedikit gaduh. Mungkin karena sebab itulah warna ini paling banyak
di pakai untuk menarik perhatian orang.
ARTI WARNA BIRU
Dari semua warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa
meningkatkan nafsu makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di piring
biru. Biru juga dapat memperlambat denyut nadi dan suhu tubuh lebih rendah. Ini
adalah warna yang menenangkan dan diyakini mengatasi insomnia, kecemasan,
masalah tenggorokan, tekanan darah tinggi, migrain dan iritasi kulit. Warna ini
juga meningkatkan ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan.
Biru yang kuat (biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda
akan menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Biru adalah warna favorit
para pria dan termasuk warna yang dingin. Kalau di dunia desain logo, biru
sering di sebut warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan
warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang, karena biru merupakan
warna yang termasuk tenang dan bersifat profesional. Efek lain warna biru
adalah sering di anggap sebagai warna yang melambangkan kepercayaan dan
trustfulness. Biru juga bisa di pakai untuk menurunkan nafsu makan atau
meningkatkan gairah. Jadi gunakanlah warna biru untuk mendesain box obat diet
atau obat kuat pria.
ARTI WARNA VIOLET UNGU
Warna ini membawa perasaan damai dan saling memahami. Warna
ini juga membantu tidur Anda. Dari kelompok warna-warna lain radian warna
violet ini dipercaya akan menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak
terkendali bisa dikendalikan oleh warna ini. Warna ini juga dikatikan dengan
spiritualitas, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus.
Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan
yang kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat
jarang kita lihat di alam. Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan
kesan unik pada desain logo kita, baik kita menggunakan secara dominan atau
hanya sebagai aksen saja.
ARTI WARNA HIJAU
Hijau dikaitkan dengan dunia alam. Karena hubungannya dengan
alam, hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat
membantu orang yang sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi,
menciptakan keterbukaan antara Anda dan orang lain. Warna ini juga terkait
dengan cakra jantung sehingga dipercaya membantu masalah emosional, seperti
cinta, kepercayaan, dan kasih sayang. Para peneliti juga menemukan warna hijau
dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Para siswa yang membaca materi
tulisan di atas lembaran hijau transparan akan meningkatkan kecepatan membaca
dan pemahaman. Efek rileksasi dan menenangkan dari warna ini mungkin jadi
penyebabnya. Hijau adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan
lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk
memberikan kesan segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi
dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap.
ARTI WARNA COKLAT
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman
dan aman. Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan sophisticated karena
dekat dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan mahal dan ekslusif pada desain
logo dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda. Dan tidak lupa, coklat juga
bisa memberikan nuansa dapat di andalkan dan kuat. Warna coklat ini biasanya di
gunakan di firma hukum sebagai warna utama dalam desain logo perusahaan mereka.
ARTI WARNA MERAH MUDA
Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan
warna ini pasti kamu berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek
cinta romantis juga bisa timbul dari warna merah muda ini, agak sedikit berbeda
dengan warna merah yang lebih menggambarkan berani. Tetapi banyak juga desain
logo perusahaan yang berani menggunakan warna merah muda ini dengan
terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam dan merah muda sebuah desain
bisa menjadi terlihat unik.
ARTI WARNA INDIGO
Warna-warna nila ini dipercaya akan meningkatkan intuisi dan
memperkuat sistem getah bening, kekebalan tubuh dan membantu memurnikan serta
membersihkan tubuh.
ARTI WARNA PUTIH
Pilihlah warna putih untuk meredakan rasa nyeri. Putih juga
meberikan aura kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit
menggunakan warna putih untuk menciptakan kesan steril. Namun, terlalu banyak
banyak warna putih dapat memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena
cahaya yang dipantulkan. Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran
apapun. Makanya sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan
bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan
warna putih adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya).
ARTI WARNA HITAM
Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi
elegan. Karena itu elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan
terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau
produk).
Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan
efek psikologis dan kesan yang mendalam kepada semua orang yang melihatnya.
Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di gunakan untuk membantu
pasien menjadi lebih cepat sembuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar